Tuesday, July 17, 2012

Analisis SWOT

ANALISIS
        Proses mempelajari atau menguji sesuatu secara mendetail dalam rangka untuk memahami dan menjelaskan sesuatu tersebut. 
Pada gilirannya analisis digunakan untuk memberikan fakta yang lebih relevan dengan situasi sehingga dapat memecahkan masalah.


SITUASI
        Segala keadaan dan segenap hal yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Dalam kaitan dengan dengan Dewan Kerja ; orang-orangnya, organisasinya, dll.

KEGIATAN

Sebuah situasi dimana sesuatu diselenggarakan atau ketika bermacam-macam hal dikerjakan. 
Jika dikaitkan dengan proses pendidikan dalam Gerakan Pramuka, kegiatan adalah suatu hal yang dikerjakan karena ketertarikan atau kesenangan.

ANALISIS SWOT
  •   Strength
  •  Weakness
  •  Opportunity
  •  Threat

  Penjelasan:
Ø  Strength (Kekuatan)
Mengenali berbagai macam kekuatan, kelebihan, kebanggaan yang dimiliki organisasi; baik merupakan karakter  maupun kebiasaan yang dominan dimiliki oleh organisasi kita.

Ø  Weakness (Kelemahan)
Mengenali berbagai macam kekurangan, kelemahan, keterbatasan, ketakutan yang muncul dalam berorganisasi yang disadari sebagai karakter yang kurang mendukung berjalannya sebuah pencapaian tujuan organisasi.

Ø  Opportunity (Kesempatan)
Mengenali peluang-peluang yang mungkin muncul dan dapat dijadikan sebagai media terwujudnya kesuksesan.

Ø  Threat (Tantangan)
Melihat berbagai macam tantangan yang mungkin muncul dan bahkan dapat menjadi hambatan dalam proses pencapaian impian kita.

Atas dasar pemahaman konsep–konsep dasar tersebut analisis SWOT dapat dimaknai sebagai suatu proses tindakan manajemen yang didasari uraian fakta-fakta potensi kekuatan dan kemampuan yang disertai  fakta–fakta peluang dan kesempatan yang mungkin diperoleh serta diperhitungkan pula faktor–faktor ancaman, gangguan dan tindakan yang akan dihadapi dalam pemecahan masalah  maupun proses perencanaan  dan pengambilan keputusannya.

Menggunakan kerangka analisa ini harus dilakukan dengan sejujur-jujurnya; mampu membongkar segala hal yang terdapat dalam tiap kerangka analisa secara gamblang dan sesuai dengan kondisi aslinya Sebab apabila kerangka analisa ini salah, maka akan terjadi “kesalahan analisa”  yang menyebabkan  solusi yang diambil menjadi salah

0 comments:

 
Kirim pesan ke admin
×
_

Hai! Kamu bisa kirim pesan ke Admin di sini, jangan lupa LIKE fanspagenya ya... Terima kasih.