Guru sebagai sumber belajar.
Sebaiknya guru memiliki
bahan reverensi lebih banyak dibandingkan dg siswa
Guru dapat menunjukkan
sumber belajar yang dapat dipelajari oleh siswa yg biasanya memiliki kecepatan
belajar diatas rata-rata siswa yang lain.
Guru sebagai Fasilitator.
Guru perlu memahami berbagai
jenis media dan sumber belajar beserta fungsi dari masing2 media tersebut.
Guru perlu mempunyai
ketrampilan dalam merancang suatu media.
Guru dituntut untuk mampu
mengorganisasikan berbagai jenis media.
Guru dituntut punya
kemampuan utk berkomunikasi.
Guru sebagai pengelola
Dlm melaksnakan pengelolaan pembelajaran ada 2 macam kegiatan yang harus dilakukan, yaitu mengelola sumber belajar dan melaksanakan peran sebagai sumber belajar itu sendiri.
Sebagai manager guru memiliki empat fungsi umum, yaitu :
Dlm melaksnakan pengelolaan pembelajaran ada 2 macam kegiatan yang harus dilakukan, yaitu mengelola sumber belajar dan melaksanakan peran sebagai sumber belajar itu sendiri.
Sebagai manager guru memiliki empat fungsi umum, yaitu :
a.
merencanakan tujuan belajar
b.
mengorganisasikan berbagai sumber belajar utk
mewujudkan tujuan belajar.
c.
Memimpin, yng meliputi memotivasi, mendorong, dan
menstimulasi siswa.
d.
Mengawasi segala sesuatu, apakah sudah berfungsi
sebagaimana mestinya atau belum dalam rangka pencapaian tujuan.
Guru sebagai demonstrator
Peran guru sebagai demonstrator adalh peran untuk menunjukkan kepada siswa segala sesuatu yang dapat membuat siswa lebih mengerti dan memahami setiap pesan yang disampaikan.
Peran guru sebagai demonstrator adalh peran untuk menunjukkan kepada siswa segala sesuatu yang dapat membuat siswa lebih mengerti dan memahami setiap pesan yang disampaikan.
Guru sebagai pembimbing.
Agar guru berperan sebagai pembimbing yang baik, maka guru harus memiliki, diantaranya :
Agar guru berperan sebagai pembimbing yang baik, maka guru harus memiliki, diantaranya :
a.
Memiliki pemahaman tentang anak yang sedang
dibimbingnya.
b.
Memahami dan terampil dalam merencanakan tujuan
pembelajaran dan kompetensi yg akan dicapai.
Guru sebagai motivator
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitakan motivasi belajar siswa. Utk dapat memetivasi siswa tersebut beberapa hal yang dapat dilakukan seorang guru :
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitakan motivasi belajar siswa. Utk dapat memetivasi siswa tersebut beberapa hal yang dapat dilakukan seorang guru :
a.
memperjelas tujuan yang akan dicapai
b.
membangkitkan minat siswa.
c.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar
d.
Berilah pujian yang wajar terhadap setiap keberhasilan
siswa
e.
Berikan penilaian
f.
Berilah komentar terhadap pekerjaan siswa
g.
Ciptakan persaingan dan kerja sama
Guru sebagai evaluator
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilanpembelajaran yang dilakukan. Terdapat dua fungsi dalam memerankan peran guru sebagai evaluator, yaitu :
Sebagai evaluator, guru berperan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilanpembelajaran yang dilakukan. Terdapat dua fungsi dalam memerankan peran guru sebagai evaluator, yaitu :
a.
evaluasi utk menentukan keberhasilan siswa
b.
evaluasi utk menentukan keberhasilan guru.
0 comments:
Post a Comment